Selasa, 14 Mei 2013

Sejarah Lagu Bengawan Solo


Berikut info Sejarah Lagu Bengawan Solo
Siapa yang tidak  kenal lagu bengawan Solo yang sudah masyur sampai ke luar negri .
Mudah mudahan Blog ini bisa di lihat kelak anak Cucu saya dan akan mengingat sejarah demi sejarah dari info di blog ini . Semoga blog ini bisa tetap ada dan tidak di hapus pihak bloger .
Berikut  Biografi Gesang sang maestro yang menciptakan lagu bengawan solo .

Biografi Gesang 

Bengawan solo memang sangat populer. 
Bahkan di Jepang, bengawan Solo pernah diangkat menjadi film layar lebar. 
Mungkin karena kesan mendalam dari sejarah yang melingkupi sungai 
yang membentang dari jawa tengah ke jawa timur ini.

Tak salah jika Gesang muda pun termasuk menjadi salah seorang anak negeri yang mengaguminya. Sehingga lahirlah lagu bengawan solo dari tangannya. 
Lagu bengawan solo diciptakan pada usianya yang masih relatif muda yaitu pada usia 23 tahun, tepat pada tahun 1940. 
Proses pembuatannya saja hingga mencapai 6 bulan.

Nama lengkap Gesang adalah Gesang Martohartono yang dilahirkan pada 1 Oktober 1917 semasa kolonial Belanda di Surakarta, Jawa Tengah dan  meninggal pada tanggal 20 Mei 2010 di umurnya yang ke 92 tahun. Gesang lebih akrab dikenal sebagai “sang maestro keroncong Indonesia”.

Lagu Bengawan Solo membuat dia terkenal di Asia, terutama di Indonesia dan Jepang. Lagu ini telah diterjamahkan setidaknya kedalam tiga belas bahasa termasuk kedalam bahasa Tinghoa, bahasa Inggris dan Jepang. Karya lain yang terkenal dari Gesang adalah lagu Jembatan merah, dan caping gunung.

Lyrik lagu Bengawan Solo - Gesang :


G   C                            D      G
Bengawan Solo Riwayatmu ini

         D                      C         G
Sedari dulu jadi perhatian insani

         G   C                  D    G
Musim kemarau tak sbrapa airmu

           D                         C     G
Dimusim hujan air meluap sampai jauh

G7               C                             G
Mata airmu dari Solo terkurung gunung seribu

G7                   A                           D
Air mengalir sampai jauh, akhirnya ke laut

       G  C        D       G
Itu perahu riwayatmu dulu

          D                             C      G
Kaum pedagang slalu naik itu perahu
Toko Buku Online

INDEX BLOG

ADA BAHAYA DI WADAH PLASTIK (1) APAKAH GUNUNG SALAK DI BOGOR MASIH BISA MELETUS (1) aplikasi web design (1) aplikasi website (1) Biografi Gesang (1) Blue Screen (1) Cara Cek Kerusakan RAM Memory Komputer (1) Cara Cepat Download File di Ziddu (1) Cara Melihat Karakter Orang Lewat Tanggal Lahirnya (1) Cara Membuka File Folder yang Access Denied (1) cara menginstall XAMPP Lite pada USB (1) Cara Service Komputer (5) Cara Service Komputer yang Sering Restart (1) Cara Service Lampu Hemat Energi (1) Cara Service Laptop (1) Ciri Orang yang mempunyai Indera Ke 6 (1) Daftar Web Hosting Gratis 2013 (1) Dajjal adalah seorang manusia dari keturunan Yahudi (1) Dasar Hukum dan Peraturan lagu Indonesia Raya (1) desain gratis com (1) DKI Di Ambang Kehancuran (1) download aplikasi pembuat website gratis (1) Dump memory (1) Facebook Sarana Penghasil Uang (1) File manager (1) Free Email accounts (1) Free FTP account (1) Free PHP 5m (1) Free phpMyAdmin (1) garis tangan mencerminkan perjalanan hidup seseorang (1) Harrdisk Dipindah ke Komputer Lain Tanpa Bluescreen (1) Info Berita (1) Info Kesehatan (5) Internet dan sejarahnya (1) Islami (1) Jika file Anda terhapus dan hilang jangan panik (1) Kelebihan dan Keunggulan Pemasaran Online (1) Komputer (1) Konsumsi BBM Bersubsidi Dibatasi (1) lagu bengawan Solo (1) Layar Biru (1) MANFAAT KESEHATAN DENGAN BERSEPEDA (1) Mau Anak atau adik Lulus SMP Indonesia langsung masuk SMA kelas satu di Jepang (1) Mau tau Apa Itu CPU (1) Nenek moyang kita adalah Nabi Adam. Manusia purba adalah makhluk sebelum Nabi Adam Namun bukan manusia seperti kita (1) Pantangan Sebelum Tidur (1) pencipta lagu Hymne Guru (1) Pengertian Hosting Dan Bahasa Program (1) Penipuan Software Penambah Saldo Rekening (1) Penyebab Komputer Hang (1) Penyebab Komputer sering HANG (1) Penyebab Terjadinya Blue Screen Di Komputer (1) program antivirus yang bisa didownload (1) Rahasia Dibalik Kalimat Adzan di Waktu Subuh (1) RESIKO OLAHRAGA LARI BAGI ORANG GEMUK (1) Sejarah (3) Sejarah Lagu Bengawan Solo (1) sekarang berjalan sudah Tiga bulan dan hasilnya sudah lebih dari Lima juta (1) Situs Liberty Reserve ditutup (1) Software Penambah Rekening Adalah Penipuan (1) Tehnik Dasar Edit Foto yang biasa dipake Fotografer (1) Tip Trik Windows (1) TIPS AGAR TERAPI HERBAL SEMAKIN LEBIH EFEKTIF (1) TIPS ORANG TUA MENDIDIK ANAK (1) Trik Seo Adwords Google (1) Trik Seo Buat Blog (1) Untuk Jadi Caleg Harus siapin Uang 1 M (1) Web Hosting (1) Webhosting gratis (1) webhosting gratis lokal terbaik (1)