Selasa, 14 Mei 2013

Pencipta dan Sejarah Lagu Hymne guru


Teringat dahulu semasa saya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama 
Setiap Hari Senin  pagi selalu mengadakan Upaca Bendera Senin Pagi 
dan saya termasuk dalam barisan yang khusus menyayikan lagu-lagu 
kebangsaan di setiap upacara bendera dan Lagu Hymne Guru ini sering kami nyanyikan .
Nah berikut Sejarah dan pencipta lagu ini. 

Sartono, sang pencipta lagu Hymne Guru.

Bapak Sartono , Nasibnya yang tak pernah berubah dan semakin Terabaikan.
Ironis, ironis dan sangat ironis. Kita semua tahu bahwa kebanyakan sebagai 
"Pencipta lagu" saat lagunya dirilis pasti ada royalti untuk sang pencipta. 
Tetapi hal itu bagi pencipta lagu Hymne Guru ini tidak berlaku, karena 
Beliau tidak pernah menerima apa yang disebut royalti.  
Dia tidak mendapat pensiun meski sudah puluhan tahun mengajar di sekolah negeri.

Hingga selesai mengajar, statusnya tetap guru tidak tetap (GTT). 
Bahkan saat mengajar pun dia hanya mendapat gaji Rp 60 ribu per bulan.
"Akankah ada penghargaan untuk seorang guru kecil tetapi berjiwa besar ini?.
"Sementara banyak guru yang bangga dan tertawa dengan Tunjangan Sertifikasi. 
Beliau hanya bangga dengan selembar kertas sebagai bukti Prestasi Tingkat Nasionalnya.

Sejak berhenti mengajar di sebuah SMP swasta di Madiun, Jawa Timur, pada 2002 lalu, dia tidak pernah lagi mendapat penghasilan tetap setiap bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, keluarga Sartono hanya bergantung pada penghasilan sang istri, Damiyati, yang masih mengajar di salah satu SD negeri setempat.

Padahal karya yang pernah disumbangkan Sartono tidaklah main-main. 
Lagu yang kerap dibawakan setiap peringatan Hari Pendidikan Nasional adalah karyawanya yang dibuat pada 1980.

Ironisnya, dirinya tidak pernah mendapat royalty meski Kementerian Pendidikan Nasional mencantumkan lagu itu di beberapa buku sekolah.

Yang dia terima hanya beberapa penghargaan dari para menteri dan pejabat lainnya. Penghargaan itu kini hanya menjadi hiasan dinding di rumah sederhananya di Jalan Halmahera, Nomor 98, Madiun.

Pria kelahiran Madiun 15 Mei 1936 itu, tidak pernah mengeluh apalagi menyesali nasibnya. Menurut Beliau, apa yang dialaminya dan juga ribuan guru tidak tetap lainnya di seluruh Indonesia adalah risiko pekerjaan yang harus dihadapi dengan sabar.

Perubahan lirik lagu Hymne Guru

Pergantian lirik lagu hymne guru pada kalimat terakhir telah disepakati dan ditandatangani pada tanggal 27 November 2007 disaksikan oleh  Dirjen PMPTK Depdiknas dan ketua pengurus besar PGRI dan juga dengan diperkuat dengan surat edaran Persatuan Guru Republik Indonesia. Nomor : 447/Um/PB/XIX/2007 tanggal 27 November 2007.

Simak Perubahan lirik lagu di bawah ini.

Lyrik Lagu Hymne Guru (original)


Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sbagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa.



Lyrik Lagu Hymne Guru (Perubahan)

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sbagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Pembangun Insan Cendekia
Toko Buku Online

INDEX BLOG

ADA BAHAYA DI WADAH PLASTIK (1) APAKAH GUNUNG SALAK DI BOGOR MASIH BISA MELETUS (1) aplikasi web design (1) aplikasi website (1) Biografi Gesang (1) Blue Screen (1) Cara Cek Kerusakan RAM Memory Komputer (1) Cara Cepat Download File di Ziddu (1) Cara Melihat Karakter Orang Lewat Tanggal Lahirnya (1) Cara Membuka File Folder yang Access Denied (1) cara menginstall XAMPP Lite pada USB (1) Cara Service Komputer (5) Cara Service Komputer yang Sering Restart (1) Cara Service Lampu Hemat Energi (1) Cara Service Laptop (1) Ciri Orang yang mempunyai Indera Ke 6 (1) Daftar Web Hosting Gratis 2013 (1) Dajjal adalah seorang manusia dari keturunan Yahudi (1) Dasar Hukum dan Peraturan lagu Indonesia Raya (1) desain gratis com (1) DKI Di Ambang Kehancuran (1) download aplikasi pembuat website gratis (1) Dump memory (1) Facebook Sarana Penghasil Uang (1) File manager (1) Free Email accounts (1) Free FTP account (1) Free PHP 5m (1) Free phpMyAdmin (1) garis tangan mencerminkan perjalanan hidup seseorang (1) Harrdisk Dipindah ke Komputer Lain Tanpa Bluescreen (1) Info Berita (1) Info Kesehatan (5) Internet dan sejarahnya (1) Islami (1) Jika file Anda terhapus dan hilang jangan panik (1) Kelebihan dan Keunggulan Pemasaran Online (1) Komputer (1) Konsumsi BBM Bersubsidi Dibatasi (1) lagu bengawan Solo (1) Layar Biru (1) MANFAAT KESEHATAN DENGAN BERSEPEDA (1) Mau Anak atau adik Lulus SMP Indonesia langsung masuk SMA kelas satu di Jepang (1) Mau tau Apa Itu CPU (1) Nenek moyang kita adalah Nabi Adam. Manusia purba adalah makhluk sebelum Nabi Adam Namun bukan manusia seperti kita (1) Pantangan Sebelum Tidur (1) pencipta lagu Hymne Guru (1) Pengertian Hosting Dan Bahasa Program (1) Penipuan Software Penambah Saldo Rekening (1) Penyebab Komputer Hang (1) Penyebab Komputer sering HANG (1) Penyebab Terjadinya Blue Screen Di Komputer (1) program antivirus yang bisa didownload (1) Rahasia Dibalik Kalimat Adzan di Waktu Subuh (1) RESIKO OLAHRAGA LARI BAGI ORANG GEMUK (1) Sejarah (3) Sejarah Lagu Bengawan Solo (1) sekarang berjalan sudah Tiga bulan dan hasilnya sudah lebih dari Lima juta (1) Situs Liberty Reserve ditutup (1) Software Penambah Rekening Adalah Penipuan (1) Tehnik Dasar Edit Foto yang biasa dipake Fotografer (1) Tip Trik Windows (1) TIPS AGAR TERAPI HERBAL SEMAKIN LEBIH EFEKTIF (1) TIPS ORANG TUA MENDIDIK ANAK (1) Trik Seo Adwords Google (1) Trik Seo Buat Blog (1) Untuk Jadi Caleg Harus siapin Uang 1 M (1) Web Hosting (1) Webhosting gratis (1) webhosting gratis lokal terbaik (1)